Menu
Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat Nusantara

Haery Mogat ; Perubahan dan Gagasan Tentang Kepemimpinan dalam Manajemen

  • Bagikan
Drs. Haery Mogat Patta Raja - Kepemimpinan
Drs. Haery Mogat Patta Raja

Artikel ini masih lanjutan tentang Leadership oleh Pembina Lidik Pro Provinsi Sulawesi selatan Drs. Haery Mogat Patta Raja, M.M., tentang Bagaimana Cara menjadi seorang pemimpin yang efektif.

Pada sesi ini, Haery mogat menulis khusus tentang Perubahan dan Gagasan Tentang Kepemimpinan dalam Manajemen.

Latar belakang pemikiran manajemen mengenai metode kepemimpinan dan bagaimana gagasan-gagasan telah berubah selama bertahun-tahun dari permulaan revolusi industri sampai saat ini.

Ada 3 (tiga) tahap perkembangan dan pemikiran manajemen mengenai kepemimpinan, yaitu:

  1. Tahapan Pemaksaan
    Pada tahapan ini, pemimpin menggunakan faktor ketakutan karyawan dengan dikenakan sanksi, dalam rangka mempengaruhi anggota untuk mencapai tujuan. Pada saat sekarang bentuk motivasi ini masih dijalankan oleh organisasi-organisasi tertentu. Hal ini adalah pengendalian, bukan kepemimpinan.
  1. Tahapan Motivasi Psikologis
    Pada tahapan ini, faktor-faktor psikologis dari beberapa penelitian secara nyata mempengaruhi tingkat produktivitas kerja karyawan, dimana karyawan akan bekerja lebih baik bukan hanya karena perbaikan kondisi fisik tetapi juga dipengaruhi oleh fakta psikologis, antara lain:
  • Karyawan mempunyai perasaan kebanggaan pribadi dimana mereka bisa bekerja yang tujuannya dapat mereka lihat dan ada rasa berguna.
  • Senang bila diajak bermusyawarah oleh pimpinan.
  • Telah terbentuk adanya suatu semangat kebersamaan dalam suatu team yang relatif.

Dari beberapa bukti menunjukkan bahwa semangat kerja yang tinggi, kepuasan kerja, dan perasaan gembira dalam bekerja, terutama tergantung pada adanya motivasi berprestasi. Sehingga penggolongan yang ideal dari ketiga tahapan tersebut adalah sangat memungkinkan.

Apakah Saya Seorang Pemimpin ?

Taufan pawe
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *