Menu
Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat Nusantara

Lidik Pro Takalar Bersama Pemdes Pa’Lalakkang Menggelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

  • Bagikan
Kegiatan Jurnalistik Lidik Pro Takalar

Jurnalisme berfungsi untuk membangun masyarakat. Berita yang menyuarakan kondisi kelompok-kelompok masyarakat yang selama ini mengalami kesulitan dan terlupakan dapat mendorong kelompok-kelompok masyarakat yang lain untuk membantu keluar dari permasalahan yang dialami.

Dalam skala yang lebih besar dapat mendorong negara untuk membuat kebijakan yang pro rakyat.

kegiata jurnalistik untuk menyuarakan hak-hak warga, jurnalistik juga dapat dijadikan tolak ukur demokrasi sebuah masyarakat.

Baca Juga : Andi Awal : Tulis Apa Yang Dikerjakan

Semakin demokratis sebuah masyarakat, maka semakin kuat pula posisi media massa. Begitu pula sebaliknya. Dalam masyarakat yang demokratis, masyarakat bebas menyuarakan pendapatnya dan menuntut hak-haknya melalui media massa.

Hal ini mendorong Lidik Pro Takalar dan Ketua JOIN (Jurnalis Online Indonesia) Kabupaten Takalar untuk menggelar Pelatihan Dasar Jurnalis di desa Palalakang Takalar pada hari Senin, 26-11-2018.

Pimred Wartasulsel.net, Kemal sempat memberikan penjelasan di sela-sela padatnya kegiatan persiapan Pelatihan Jurnalis ini. Bahwa “Pelatihan Dasar Jurnalistik ini bertujuan yaitu bagaimana membentuk pemuda di desa Palalakang agar bisa ikut berpartisipasi dalam membangun desa melalui informasi-informasi yang mereka kirimkan baik secara langsung maupun tidak langsung” ungkapnya dengan tegas.

Dan juga tambahnya, “Pelatihan jurnalistik ini akan direncanakan akan berkelanjutan dimana kali ini yaitu pelajaran dasar-dasar jurnalistik yang kita sajikan dan tuangkan dalam pelatihan besok”.

Harapannya adalah pemuda-pemuda yang ada di desa Palalakang itu akan mampu menulis dan menuangkan pikirannya baik melalui tulisan sebagai wadah untuk mempublikasikan arah kebijakan pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten sebagai perpanjangan tangan dari desa sekaligus memberi pengetahuan dan wawasan kepada pemuda seputar jurnalistik serta kode etiknya.

Namun lebih dari itu, harapan utama dari kegiatan pelatihan ini adalah bagaimana pemuda-pemuda yang ada di desa itu mampu ikut andil dalam membangun desa melalui komunikasi dan publikasi seperti ini.

“Jadi apabila mereka memiliki bekal dasar jurnalis maka rekan-rekan dari media masa baik itu elektronik, media cetak , maupun media online tidak kesulitan untuk memahami bahasa-bahasa dari para jurnalis-jurnalis muda yang ada di desa tersebut,” jelasnya lagi.

Inilah yang menjadi tujuan utama dari Pelatihan Dasar Jurnalistik. Disamping pula Tema dari Pelatihan ini adalah Pengembangan Potensi Generasi Muda Melalui Jurnalis Untuk Berperan Aktif Dalam Membangun Desa.

foto tampak spanduk ucapan selamat datang di gerbang kantor Desa Pa’lalakkang.
Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat Nusantara Kabupaten Takalar yang disingkat “Lidik Pro Takalar”” yang juga penyelenggara kegiatan Pelatihan Jurnalis juga mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada pemerintah desa dibawah kepemimpinan Bapak Mursalim, SE.,MM karena telah memberi ruang dan memberi kesempatan untuk memberikan edukasi yang lebih luas lagi kepada para pemuda dan pemudi di Desa Palalakang khususnya untuk langkah pengembangan dalam memahami jurnalisme, ucap Rey Seeker yang juga merupakan Wakil Sekretaris JOIN Takalar.

Ini adalah sebagai langkah awal melaksanakan kegiatan lebih lanjut yang Insya Allah kita akan maksimalkan kegiatan besok sebagai percontohan untuk desa-desa yang lain yang ada di kabupaten Takalar.

Diperjelas pula oleh Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Pelatihan Jurnalis Desa yang juga merupakan pengurus Lidik Pro Takalar dan Sekretaris JOIN Takalar, mengatakan bahwa selain kegiatan di bidang sosial, Lidik Pro Takalar akan mulai mengembangkan diri juga ke bidang pendidikan. Jadi tambahnya, “kita berharap ke depan Lidik Pro ini akan terus bersinergi dengan pemerintah, baik itu pemerintah desa, kecamatan, sampai di kabupaten agar lembaga kami bisa diberdayakan baik edukasi maupun gerakan sosial lain”, ungkap Misbahuddin yang didampingi sekretaris panitia Rifai Manjarreki.

“Karena kita ketahui bersama bahwa lembaga kami ini juga bergerak di bidang sosial media karena kami juga memiliki media online pendukung seperti suaralidik.com. Tidak hanya itu, kegiatan kami didukung oleh teman-teman Pengurus JOIN Takalar yang selalu mensupport penuh kegiatan media kami,” jelas Aimal Situru.

Kemudian Ketua Join Takalar yang sekaligus wartawan media online ini mengungkapkan rasa syukurnya karena teman-teman JOIN Takalar mensupport penuh kegiatan kami di pelatihan Jurnalistik di desa Palalakang.

Jadi intinya disini ungkapnya, “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”.

“Dalam artian kebetulan saya ketua LSM Lidik Pro Takalar dan Ketua JOIN Takalar jadi dalam satu kegiatan itu bisa berkolaborasi melakukan satu event dan bekerja sama dengan pemerintah desa setempat.”ungkapnya dengan nada kelakar.(*)

Taufan pawe
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *