Menu
Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat Nusantara

Haery Mogat : Administrasi dan Manajemen Organisasi Lidik Pro

  • Bagikan
Haery Mogat - Administrasi dan Manajemen Organisasi Lidik Pro

Pembina Lidik Pro DPP Provinsi Sulawesi selatan Haery Mogat menulis sebuah artikel tentang defenisi administrasi, Pentingnya administrasi bagi organiasi beserta contoh kegiatan kader dalam hubungannya dengan administrasi.

Sebelumnya Haery Mogat menulis dan menjelaskan hubungan antara administrasi, organisasi, dan manajemen sebagai fenomena masyarakat.

Ia menjelaskan organisasi dan manajemen sebagai fenomena masyarakat.

Administrasi Organisasi – NGO

Dibalik sukses atau gagalnya sebuah NGO ( non goverment organization) seperti LSM mencapai tujuan organisasi

Pernahkah terpikirkan apa yang menjadi penyebab utama mengapa sebuah organiasasi NGO terus berkembang dan bertambah besar atau bahkan sebaliknya?

Ingat Lidik Pro adalah sebuah NGO.

Ogrnaisasi semakin kerdil ?

Jika kita telusuri secara mendalam sumber penyebabnya maka kita akan datang kepada suatu pertanyaan lagi yaitu siapa yang mendirikan dan mengelolah organisasi itu dan memutuskan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan dan ke arah mana organisasi ini akan dihadapkan.

Baca Juga : Manfaat, Metode dan Strategi Pengembangan SDM Kader LIDIK PRO

Metode dan Strategi serta Manfaat Pengembangan SDM - Akhmad Rivandi
Artikel Tentang Metode dan Strategi serta manfaat pengembangan Sumber Daya Manusian (SDM) bagi Lidik Pro

Jawabannya adalah yang mengelola dan mengarahkan suatu organisasi adalah seorang administrator, seperti Ketua Umum, Ketua DPP, Ketua DPD, DPC, dan PAC.

Kalau pada dunia universitas, administrator disebut rektor, pada fakultas disebut dekan.

Kalau pada perusahaan dikenal sebutan seperti presiden direktur utama, direktur, dan manajer.

Jadi, administrator sangat besar peranannya karena dialah yang bertanggung jawab atas seluruh pengarahan jalannya organisasi apakah dapat berhasil mengembangkan atau membesarkan organisasi atau malah semakin terpuruk dan hilang tanpa jejak.

Bisa dikatakan tugas seorang administrator adalah melakukan administrasi organisasi, yaitu serangkaian kegiatan (aktivitas) penyelenggaraan atau pelayanan untuk mencapai cita-cita organsisasi sesuai dengan visi dan misi.

Defenisi Administrasi

Dikutip dari Repository , Kata administrasi berasal dari kata ad dan ministro (Latin). Dalam bahasa Inggris ad = to, ministro = minister yang berarti ”melayani atau menyelenggarakan” (Webster, 1974).

Definisi yang sederhana dari administrasi adalah suatu proses kegiatan penyelenggaraan yang dilakukan oleh seorang administrator secara teratur dan diatur melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditetapkan.

Proses adalah kegiatan yang terjadi secara beruntun dan susul-menyusul, artinya selesai yang satu harus diikuti yang lain sampai titik akhir. Teratur maksudnya ialah bahwa kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan tersebut harus dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

Defenisi Administrasi Organisasi Lidik Pro

Sebelumnya sudah dijelaskan Defenisi organisasi secara etimologi dan umum. sekarang apa defenisi admistrasi Lidik Pro ?

Administrasi lembaga lembaga Lidik Pro adalah suatu proses kegiatan penyelenggaraan yang dilakukan oleh Ketua Umum, Pengurus harian DPP, DPD hingga DPC secara teratur dan diatur melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai cita-cita dan tujuan lembaga yang sudah ditetapkan.

Manajemen Organisasi Lidik Pro

Seperti telah dikemukakan sebelumnya bahwa di dalam organisasi yang besar dan telah berkembang, seorang administrator dalam menjalankan tugasnya harus dibantu oleh orang lain supaya seluruh kegiatan organisasi itu
berjalan dengan lancar dan serentak.

Contoh: Organisasi si A sekarang telah berkembang menjadi Organiasasi go internasional, memiliki gedung-gedung sekretariat di seluruh porvinsi dan bahkan hingga di seluruh kabupaten.

Tentunya, organisasi yang semakin besar membutuhkan keahlian khusus untuk menanganinya.

Oleh sebab itu, tidak mungkin lagi dikelola sambil lalu atau ditangani sendirian saja karena kemampuan seseorang terbatas, baik dari segi waktu, kesempatan maupun segi keahlian untuk mengurusnya.

Dengan demikian, Oganisasi A memerlukan pembantu-pembantu, kalau dalam Lidik Pro namanya bidang kemudian dibantu dengan badan-badannya.

Bidang-bidang ini tentu mempunyai keahlian khusus untuk menangani tiap-tiap kegiatan di dalam organisas.

Seperti pembantu bidang perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan , bidang Agama dan pembinaan moral dan lainya.

Selanjutnya kalau masing-masing Bidang itu sudah kelebihan beban tugas maka mereka akan memerlukan pula orang yang akan membantunya dalam bidang tugas yang lebih khusus lagi.

Misalnya, bidang pemberdayaan perempuan memerlukan lagi kelompok-kelompok kerja yang biasa disebut dengan istilah Pokja.

Sehingga terbentuk sebuah struktur yang dapat digambarkan seperti sturktur kepengurusan Lidik Pro yang ada saat ini.

Penerapan Administrasi Sederhana

Seseorang ingin bergabung menjadi calon kader Lidik Pro, sesuai dengan syarat administrasi lembaga, Terlebih dahulu mengisi formulir pendaftaran calon anggota sesuai peraturan.

Tentu kader tidak asal membuat sebuah formulir namun sudah ada ketentuan bentuk dan warna formulir bagi setiap calon anggota.

Dalam formulir juga ada ketentuan-ketentuan syarat administrasi lainnya seperti melampirkan fotocopy e-KTP, Foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar dan lain-lain.

Misalnya juga, Kader Lidik Pro DPD kabupaten Takalar ingin melakukan kunjungan kerja ke DPD Kabupaten Soppeng. tentunya seorang administrator (Ketua DPD) mengajukan surat secara tertulis kepada Ketua DPP Provinsi Sulawesi Selatan.

Contoh lain, Masyarakat melakukan pengaduan pengaduan dan datang ke sekretariat, Ia meminta agar dibantu menyelesaikan sebuah kasus perceraian tentu membutuhkan administrasi seperti mengisi form, menandatangani surat pernyataan, membuat surat kuasa dan lain-lain.

Artikel ini dibuat oleh Dewan Pembina DPP Sulsel dalam rangka upaya mewujudkan lembaga Lidik pro lebih tertib administrasi, By Haery Mogat

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *